KPK Dukung Usulan Tes Integritas untuk Pejabat Publik

Written By Unknown on Friday, October 25, 2013 | 5:59 PM






YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Pandu Praja menyambut baik usulan Rektor UIN Kalijaga, Musa Asy'arie, agar digelar tes integritas bagi pejabat publik. Pasalnya, selama ini kasus tindak korupsi banyak melibatkan pejabat negara yang membuktikan minimnya integritas pejabat.

Saat menyampaikan sambutannya, Musa Asy'arie mengungkapkan gagasan tes integritas karena melihat realita saat ini. Masyarakat mengakui keberadaan Tuhan namun tidak direalisasikan dalam kehidupan, hingga terjadi maraknya tindak korupsi.

"Realitasnya justru sebaliknya. Korupsi dan tindak kekerasan marak terjadi, seolah masyarakat negara ini tidak berketuhanan," kata Musa Asy'arie.

Saat penandatanganan kerjasama dengan KPK, Jumat (25/10/2013), dia berharap kerja sama dengan KPK dapat dikembangkan dalam bentuk spiritual assesment bagi pejabat. Menurutnya, saat ini adalah momentum yang tepat untuk menguji persyaratan utama yakni beriman dan bertakwa.

Adnan memberi dukungan terhadap rencana tes integritas untuk pejabat tersebut lantaran mencermati faktor tindak korupsi yang banyak dilakukan oleh para pejabat publik. Selama ini, tes hanya mengacu pada kesehatan fisik dan mental, tetapi tidak masuk ke ranah spiritual. Oleh karena itu, kualitas integritas pejabat publik tidak dapat terlihat.

"Jangan hanya berisi materi kesehatan fisik dan mental saja. Namun, juga spiritual," ujar Adnan.

Ia menegaskan bahwa tes integritas itu sangat penting karena ukuran kualitas seseorang dapat terlihat, terutama kualitas integritas pejabat publik. Adnan menjelaskan ketika dirinya bergabung dengan KPK, banyak calon yang gagal ketika menjalani tes integritas. Dari total sekitar 10 orang hanya satu yang bisa lolos. Dari tes tersebut terlihat bahwa tes ini memang setidaknya bisa melihat ukuran kualitas seseorang.




Editor : Caroline Damanik
















Anda sedang membaca artikel tentang

KPK Dukung Usulan Tes Integritas untuk Pejabat Publik

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2013/10/kpk-dukung-usulan-tes-integritas-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPK Dukung Usulan Tes Integritas untuk Pejabat Publik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPK Dukung Usulan Tes Integritas untuk Pejabat Publik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger