Eko Prasodjo: Mengelola Birokrasi Itu Mudah

Written By Unknown on Tuesday, September 10, 2013 | 5:59 PM






JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Eko Prasojo, menyatakan bahwa reformasi birokrasi di Indonesia tidaklah sulit. Hal ini disebabkan kultur dan budaya birokrasi Indonesia yang masih tradisional berbasis patron-client.

"Kalo pimpinannya bagus, maka bawahannya juga bisa bagus," kata Eko saat memberikan sambutan dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Kendati demikian, ia juga mengakui bahwa reformasi birokrasi bukannya tanpa tantangan. Pasalnya, sejak Indonesia merdeka, pemerintah belum pernah melakukan reformasi birokrasi secara serius dan komprehensif. Menurut Eko, kepemimpinan yang kuat menjadi faktor penentu keberhasilan dalam reformasi birokrasi.

"Tanpa political commitment yang kuat dari pemimpin, perubahan di sektor birokrasi tidak akan pernah terjadi," katanya.

Ia menyatakan, ada tiga hal kemampuan yang perlu dimiliki pemimpin yang mampu membawa perubahan, yakni memiliki visi yang melampaui zamannya (thinking ahead), pemikiran yang secara terus-menerus (thinking again), dan pemikiran luas lintas-institusi atau tidak ego sektoral (thinking cross).

Selain itu, setiap pemimpin harus siap menghadapi resistensi ketika melakukan perubahan. "Resistensi dalam setiap perubahan itu natural," imbuhnya.

Kemenpan-RB menargetkan beberapa hal sebelum berakhirnya pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2014.

Pertama, memperbaiki sistem rekrutmen birokrasi. Menurut Eko, cara birokrat merekrut PNS dan TNI/Polri akan memengaruhi kualitas birokrasi itu sendiri.

Kedua, sistem promosi harus terbuka, bersih, obyektif, dan berbasis kompetensi.

Ketiga, menghubungkan antara pay (kompensasi) dan performance (kinerja). "Hal inilah yang menjadi leverage terbesar yang kita harap bisa tercapai," katanya.




Editor : Hindra Liauw
















Anda sedang membaca artikel tentang

Eko Prasodjo: Mengelola Birokrasi Itu Mudah

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2013/09/eko-prasodjo-mengelola-birokrasi-itu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Eko Prasodjo: Mengelola Birokrasi Itu Mudah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Eko Prasodjo: Mengelola Birokrasi Itu Mudah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger