Angka-angka Menarik Jelang GP Aragon

Written By Unknown on Thursday, September 26, 2013 | 5:46 PM





ARAGON, KOMPAS.com - Sirkuit MotorLand Aragon akan jadi tempat digelarnya GP Aragon, akhir pekan ini, yang merupakan seri ke-14 dari total 18 balapan musim ini. Angka paling penting di sini tentu saja 25, yakni poin maksimal yang bisa diraih juara balapan. Tetapi, masih banyak angka-angka menarik lainnya, jalang pelaksanaan keempat GP Aragon.

71 - Bradley Smith mengoleksi 71 angka dari 13 balapan MotoGP yang sudah berjalan. Ini merupakan skor tertinggi yang dicatat pebalap Inggris saat menjadi rookie MotoGP, sejak James Toseland melakukannya pada 2008, dengan koleksi 105 poin.

43 tahun - Pada hari pertama sesi latihan bebas di GP Aragon, tepat 43 tahun saat Barry Sheene melakukan debut balapannya di Sirkuit Montjuic, Barcelona. Sheene memimpin hampir sepanjang balapan, tapi akhirnya finis kedua, setelah Angel Nieto.

28 - Finis kelima pada GP San Marnio, dua pekan lalu, bagi Dominique Aegerter adalah balapan ke-28 secara berurutan di mana dia selalu meraih poin. Pebalap Moto2 ini terakhir gagal meraih poin di GP Qatar, yang merupakan seri pembuka musim lalu.

28 - Tepat pada hari balapan GP Aragon, Minggu (29/9/2013), Dani Pedrosa akan genap berusia 28 tahun.

25 - Pada hari pertama sesi latihan bebas GP Aragon, Jumat (27/9/2013), pebalap Moto2, Nico Terol, akan merayakan ulang tahun ke-25.

16 - Pebalap KTM memenangi 16 balapan terakhir Moto3. Ini adalah sukses ketiga terpanjang dari satu pabrikan menang secara beruntun di kelas paling kecil. Hanya Honda yang bisa meraih rangkaian kemenangan terpanjang secara beruntun, yakni 19 kali pada 1990/91 dan 17 pada 1992/93.

4 - Tiga pebalap yang sama (Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez) selalu berada di podium pada empat balapan MotoGP terakhir. Ini adalah kali pertama tiga pebalap yang sama naik podium di empat balapan MotoGP.

4 - Valentino Rossi selalu finis keempat pada empat balapan terakhir. Dia adalah pebalap kedua yang melakukannya, setelah Ron Haslam finis keempat secara beruntun di balapan 500cc pada 1984.

3 - Dengan gagalnya Yuki Takahashi memulai balapan di Misano, berarti tinggal tiga pebalap yang mencatat rekor 100% balapan sejak Moto2 digelar pertama pada 2010, yakni Scott Redding, Dominique Aegerter, dan Simone Corsi.

3 - MotorLand Arogon adalah satu dari hanya tiga sirkuit musim ini di mana Jorge Lorenzo belum pernah menang, di tiga kelas berbeda. Dua lainnya adalah Sachsenring (Jerman) dan Sirkuit Americas (Austin).

2 - Pada GP Aragon nanti, Maria Herrera Muñoz akan ikut balapan Moto3 dengan fasilitas wild card. Artinya, ini adalah kali pertama sejak GP Spanyol 1994, akan ada pebalap wanita yang ikut Grand Prix. Pada GP Spanyol, Daniela Tognoli dan Tomoko Igata memulai balapan 125cc.

2 - MotorLand Aragon adalah satu dari hanya dua sirkuit musim ini, bersama Austin, di mana Yamaha belum pernah menang di kelas MotoGP.

2 - Dua pebalap Ducati naik podium pada GP Aragon perdana, 2010, yakni Casey Stoner yang finis pertama dan Nicky Hayden di urutan tiga. Ini adalah kali terakhir dua pebalap Ducati bersamaan naik podium.




Editor : Pipit Puspita Rini















Anda sedang membaca artikel tentang

Angka-angka Menarik Jelang GP Aragon

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2013/09/angka-angka-menarik-jelang-gp-aragon.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Angka-angka Menarik Jelang GP Aragon

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Angka-angka Menarik Jelang GP Aragon

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger