Perketat Seleksi Calon Legislatif

Written By Unknown on Sunday, November 18, 2012 | 5:59 PM





Perketat Seleksi Calon Legislatif





Penulis : Sandro Gatra | Minggu, 18 November 2012 | 16:24 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Partai politik harus sangat selektif dalam proses seleksi calon legislatornya, khususnya yang bakal duduk di Dewan Perwakilan Rakyat pada pemilu 2014. Parpol harus mengambil pelajaran dari banyaknya anggota Dewan yang tersandung kasus korupsi.


"Rekrutmen anggota DPR adalah proses awal yang sangat penting," kata peneliti Lingkaran Survei Indonesia Rully Akbar, saat jumpa pers di Kantor LSI di Jakarta, Minggu (18/11/2012).

Saat ini, parpol-parpol sudah membuka pendaftaran caleg untuk menghadapi pemilu 2014 .


Rully mengatakan, di sisa waktu jabatan, anggota Dewan perlu mengembalikan citra DPR dengan bekerja dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat. Saat ini, image negatif DPR sangat kuat seperti ladang korupsi dan pemerasan.


Selain itu, lanjut Rully, pemberian hukuman yang jelas dan tegas terhadap oknum anggota DPR yang melanggar aturan perlu dilakukan. Tak hanya oleh Badan Kehormatan DPR, pemberian hukuman itu juga harus dilakukan oleh parpol.


"Selama ini publik masih menilai penindakan kasus korupsi maupun moral belum dilakukan secara sungguh-sungguh dan terkesan membela pelaku," kata Rully.


Rekomendasi itu disampaikan LSI sebagai tindaklanjut dari hasil survei terakhir LSI yang digelar 12-15 November 2012 . Dari 1.200 responden, sebanyak 56,43 persen orang tidak ingin anaknya menjadi anggota Dewan di Pemilu 2014. Hanya 37,62 persen orangtua yang ingin anaknya duduk di parlemen.


Selain itu, sebanyak 69,55 persen responden mengaku tidak membanggakan menjadi anggota Dewan akibat berbagai faktor seperti kasus korupsi, amoral, maupun penyimpangan lain. Hanya 22,76 persen responden yang mengaku bangga.


"Ada peningkatan 25 persen publik dibanding survei tahun 2008 yang tidak ingin keturunan mereka jadi anggota DPR. Anggota Dewan tidak lagi jadi primadona orangtua," pungkas Rully.

Baca juga:
Survei: Orangtua Tak Mau Anaknya Jadi Anggota DPR
Jadi Anggota DPR Tak Lagi Membanggakan






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary














Anda sedang membaca artikel tentang

Perketat Seleksi Calon Legislatif

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2012/11/perketat-seleksi-calon-legislatif.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perketat Seleksi Calon Legislatif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perketat Seleksi Calon Legislatif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger