Masa Kecil Jokowi Lekat dengan Banjir

Written By Unknown on Thursday, November 15, 2012 | 5:16 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah memperingati Tahun Baru Muharram di Masjid Sunda Kelapa bersama Jusuf Kalla dan Quraish Shihab, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo langsung tancap gas menuju kawasan kumuh di Cideng, Jakarta Barat.


Di sana, Jokowi live talkshow di salah satu stasiun televisi swasta. Ia menceritakan mengenai masa kecilnya di Solo yang selalu terkena imbas banjir. "Kehidupan kecil saya dari lahir sampai SD kelas VI selalu berpindah-pindah 3 kali dan selalu berada di bantaran sungai. Cuma 5 sampai 10 meter dari bantaran sungai, mesti saya suka kebanjiran," kata Jokowi, Kamis (15/11/2012).


Oleh karena rumahnya yang berada di bantaran sungai, ia dan keluarganya pun sering merasa waswas kalau-kalau banjir menghampiri rumah mereka kembali. "Saya selalu lihat di belakang rumah apakah banjir enggak ya, itu yang saya rasakan hampir 12 tahun dari kecil," kata Jokowi.


Kini ia sudah menjabat sebagai Gubernur DKI dan ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mencegah banjir di Jakarta. Ia juga akan menjadikan pengalaman masa kecilnya sebagai pelajarannya di masa depan.


"Namanya kita kan manusia, saya akan berusaha semaksimal mungkin. Kalau menghilangkan banjir sulit kalau setahun, tapi mudah-mudahan akan terus berkurang-kurang sampai Jakarta bebas banjir," ujar Jokowi.


Jokowi mengatakan, 30 persen sampah di Jakarta hampir selalu ada di selokan, drainase, dan kali-kali kecil di Jakarta. Ini yang menjadi salah satu penyebab timbulnya banjir.


Untuk itu, Jokowi berjanji akan mengajak serta masyarakat agar tidak membuang di kali, saluran drainase, dan selokan. Ia juga berjanji akan terus menggerakkan aparatnya, Dinas Pekerjaan Umum, untuk selalu membersihkan selokan atau kali dan menggerakkan kampanye budaya bersih kepada masyarakatnya.


"Sebetulnya sudah digerakkan dari tiga minggu lalu, dari lumpur sedimen sudah, tapi baru 3-4 hari sampahnya sudah muncul lagi. Saya harus sampaikan kampanye budaya bersih harus digerakkan di mana pun. Kalau enggak, ya kita begini-begini terus," kata Jokowi.













Anda sedang membaca artikel tentang

Masa Kecil Jokowi Lekat dengan Banjir

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2012/11/masa-kecil-jokowi-lekat-dengan-banjir.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Masa Kecil Jokowi Lekat dengan Banjir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Masa Kecil Jokowi Lekat dengan Banjir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger