Rayakan 20 Tahun, Bengkel Tari AyuBulan Pertunjukkan Kemilau Legong

Written By Unknown on Monday, December 1, 2014 | 5:54 PM


Jakarta – Menandai dua dekade berdiri, Bengkel Tari AyuBulan menggelar pagelaran tari "Kemilau Legong" di Goethe Institute, Jakarta, Minggu (30/11). Sekitar 200-an pengunjung memenuhi tempat yang dihias dengan dekorasi serta wewangian khas Bali tersebut. Bukan sekadar meramaikan perayaan tahun ke-20 komunitas pecinta tari Legong pagelaran tari tersebut dihelat juga untuk menunjukkan kemegahan tarian klasik asal Bali itu.


“Legong adalah puisi tari yang berakar dari tarian kuno Gambuh dan tarian sakral Sanghyang. Ia kemudian menjelma menjadi salah satu tarian klasik khas Bali,” kata pendiri Bengkel dan Studio Tari AyuBulan, Bulantrisna Djelantik, ditemui di sela-sela pagelaran.


Perempuan yang akrab dipanggil Biyan Bulan itu merupakan salah satu pakar tari Legong di Indonesia. Ia bersama grup tari Bengkel Tari AyuBulan telah memperkenalkan tarian Legong ke berbagai daerah, baik dalam maupun luar negeri.


Menurut Biyan Bulan, tari Legong merupakan tarian sakral yang dihadirkan di setiap acara ritual adat. Tarian Legong diketahui setidaknya 22 jenis tarian berbeda, yang saat ini hanya tersisa 12 jenis.


“Masyarakat luas lebih mengenal tarian Legong keraton dibandingkan jenis tarian Legong lainnya. [Komunitas dan pagelaran ini dihelat karena] kami ingin membangkitkan kembali sekaligus memperkenalkan jenis tari Legong yang lain agar tidak punah,” kata Ketua Panitia "Kemilau Legong", Putri Minangsari.


Pertunjukan tari yang berlangsung selama dua jam ini menampilkan tarian drama Smaradahana yang bercerita mengenai kedukaan di kahyangan.


Sedangkan tiga jenis tarian non-drama yang ditampilkan, yaitu Tari Legong Kupu-kupu carum yang menceritakan kehidupan singkat penuh manfaat dari seekor kupu-kupu. Tari Legong Kuntir yang mengisahkan perkelahian dua ksatria kakak beradik Subali dan Sugriwa dalam cerita Ramayana dan Tari Legong Kuntul yang menggambarkan sekawanan burung kuntul.


Penulis: Maya Martini/NAD


Anda sedang membaca artikel tentang

Rayakan 20 Tahun, Bengkel Tari AyuBulan Pertunjukkan Kemilau Legong

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2014/12/rayakan-20-tahun-bengkel-tari-ayubulan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rayakan 20 Tahun, Bengkel Tari AyuBulan Pertunjukkan Kemilau Legong

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rayakan 20 Tahun, Bengkel Tari AyuBulan Pertunjukkan Kemilau Legong

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger