Joko Anwar: Tak Ada Film yang Dijamin Sukses

Written By Unknown on Friday, December 20, 2013 | 5:54 PM


Jakarta - Saat akan membuat sebuah film, nyaris tak ada sutradara yang tidak dengan percaya diri berpikir filmnya akan laku dan tergolong box office. Sayangnya, bagi sebuah film Indonesia untuk menjadi sebuah box office di negeri sendiri tidaklah mudah. Hanya ada beberapa film tertentu yang sanggup melakukannya.


Berbicara dalam diskusi ringan 'Key Qualities of Box Office Movie' yang digelar BigTV di kafe Luna Negra, Jakarta Pusat, sutradara film Joko Anwar menyebut beberapa jenis film Indonesia yang mampu menembus katagori box office.


"Di Indonesia, film yang membangun sendiri latar belakangnya itu masih susah laku. Kecuali yang sudah ada pengetahuan sebelumnya, misal diangkat dari novel, tokoh terkenal, atau religi," ujar pria Batak yang kerap disangka orang Jawa ini, Jumat (20/12).


Tak cuma soal tema, membuat film box office di Indonesia terbentur pula pada sumber daya manusia. Joko menyebut di Indonesia belum banyak SDM yang mampu membuat film box office.


Ketika membuat film, tak ada sama sekali jaminan kesuksesan bakal datang. Sepercaya diri apapun para pembuat film. Namun tetap ada rumus untuk itu.


"Aktor bagus, naskah bagus, karakter kuat, dan lain-lain. Itu tadi cuma formula, rumus. Bukan berarti kalau sudah menerapkan semua rumus itu dijamin sukses. Itu cuma untuk memperbesar peluang untuk sukses," kata Joko.


Bahkan memakai household name pun tak bisa menjamin. Household name, dijelaskan Joko, adalah pemain film yang sudah sangat punya nama di mana orang-orang akan tertarik menonton film hanya dengan melihat nama sang pemain.


Malangnya, dan juga untungnya, di Indonesia belum ada pemain film yang masuk kategori household name.


"Di Indonesia saya lihat belum ada yang seperti itu. Tapi ini menguntungkan juga karena jadi tidak ada paksaan dari produser harus pilih si ini si itu," ungkap sang sutradara film Modus Anomali.


Secara pribadi, Joko suka memilih pemain yang cocok dengan karakter sebuah peran dan juga cerdas. Ia suka pemain yang sering melebihi harapan dan punya improvisasi baik.


Anda sedang membaca artikel tentang

Joko Anwar: Tak Ada Film yang Dijamin Sukses

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2013/12/joko-anwar-tak-ada-film-yang-dijamin.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Joko Anwar: Tak Ada Film yang Dijamin Sukses

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Joko Anwar: Tak Ada Film yang Dijamin Sukses

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger