Januari-Februari 2014, Jakarta Memasuki Puncak Musim Penghujan

Written By Unknown on Monday, October 28, 2013 | 5:16 PM





JAKARTA, KOMPAS.com -- Provinsi DKI Jakarta baru akan mulai masuk musim penghujan pada akhir Oktober ini.


Kepala Sub-bidang Cuaca Ekstrem BMKG Kukuh Rubidianto mengatakan, puncak musim penghujan di Jakarta yaitu pada rentang Januari-Februari. "Akhir Oktober itu baru masuk musim penghujannya. Puncaknya di Januari-Februari," kata Kukuh kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (28/10/2013).


Kukuh menjelaskan, saat ini Jakarta dan wilayah Jabodetabek masih mengalami masa transisi. Masa itu merupakan perpindahan dari musim kemarau ke penghujan.


Di musim transisi itu, kata Kukuh, dapat terlihat dengan sering terjadinya hujan deras disertai angin, namun waktunya sebentar. Apabila sudah masuk musim hujan, maka intensitas yang terjadi memakan waktu hingga berjam-jam.


Lebih jauh Kukuh mengatakan, hujan di masa transisi ini biasanya terjadi pada sore menjelang malam. Di masa transisi, hujan menjadi lebih tidak menentu, dan terjadi penguapan yang lebih cepat. Penguapan itu kemudian menimbulkan awan lokal, yang disebut dengan cumulonimbus. Awan inilah yang menyebabkan hujan di masa transisi disertai angin dan petir.


"Jadi, perlu diwaspadai petir bahkan puting beliung. Seperti yang kemarin terjadi di Jakarta Selatan, hujan disertai dengan angin kencang," kata Kukuh.


Ia juga mengatakan, secara normal, seharusnya Jakarta sudah masuk musim penghujan. Namun, menurut dia, tidak ada masalah dengan masa transisi ini. Di akhir Oktober, wilayah pertama yang akan memasuki musim penghujan adalah Jakarta Selatan. Sementara Jakarta Utara dan sekitarnya baru akan memasuki musim penghujan pada November.


"Sementara ini hujan masih dominan di wilayah Jakarta Selatan, Depok, dan Bogor. Kemarin di rumah saya di Bojong Gede bahkan sudah hujan es," ujar Kukuh.





Editor : Eko Hendrawan Sofyan
















Anda sedang membaca artikel tentang

Januari-Februari 2014, Jakarta Memasuki Puncak Musim Penghujan

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2013/10/januari-februari-2014-jakarta-memasuki.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Januari-Februari 2014, Jakarta Memasuki Puncak Musim Penghujan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Januari-Februari 2014, Jakarta Memasuki Puncak Musim Penghujan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger