Organda Pertanyakan Konsep Mobil Murah Ramah Lingkungan

Written By Unknown on Sunday, September 29, 2013 | 5:16 PM




Ketua Umum DPP Organda, Eka Sari Lorena, dan Mantan Menteri Perhubungan, Jusman Syafi'I Jamal, dalam acara peluncuran buku "Ayo Lawan Kemacetan" di Gramedia Pondok Indah Mall, Minggu (29/9/2013). Buku tersebut juga mengkritisi mengenai konsep mobil murah yang beredar di Indonesia saat ini. | KOMPAS.COM/RATIH WINANTI RAHAYU








JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Organda, Eka Sari Lorena mempertanyakan konsep mobil murah ramah lingkungan - "Low Cost Green Car" atau LCGC.

Menurut Eka, konsep LCGC yang ada di Indonesia saat ini masih belum sesuai. "Sebenarnya, LCGC baru bisa dikeluarkan kalau sistem transportasi umumnya sudah baik. Sedangkan, transportasi umum di Indonesia belum baik, tapi LCGC sudah dikeluarkan," kata Eka saat peluncuran buku "Ayo Lawan Kemacetan" di toko buku Gramedia, Mal Pondok Indah, Minggu (29/9/2013).

Eka menegaskan, konsep "green" pada mobil murah di Indonesia ini belum sesuai karena ukurannya yang kecil. Mobil murah atau LCGC itu seharusnya berukuran besar dan memuat banyak penumpang di dalamnya.

"Yang ada sekarang ini, apakah itu bener green? Green-nya itu di mana? Karena konsep green itu biasanya mobilnya gede dan memuat banyak orang. Jadinya bisa mengurangi jumlah kendaraan di jalanan," ujarnya.

Seperti yang diberitakan, produsen mobil di Indonesia berurut-urutan meluncurkan mobil murah dengan konsep LCGC tersebut. Konon, hal tersebut bertujuan untuk menjangkau kebutuhan warga pada tingkat ekonomi menengah.

Selain itu, LCGC diproduksi dengan tujuan untuk membantu Pemerintah dalam mengurangi polusi di jalan, karena mobil murah tersebut diproduksi dengan konsep ramah lingkungan.

Namun, peluncuran mobil murah tersebut mendapat penolakan dari Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Jokowi menganggap peluncuran mobil murah tersebut akan membuat Jakarta semakin macet.

Jokowi menganggap pemerintah tidak mendukung pemerintah daerah untuk mendorong masyarakat menggunakan angkutan massal. Namun,di sisi lain, Jokowi tidak bisa melarang masyarakat untuk membeli mobil murah tersebut.




Editor : Glori K. Wadrianto
















Anda sedang membaca artikel tentang

Organda Pertanyakan Konsep Mobil Murah Ramah Lingkungan

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2013/09/organda-pertanyakan-konsep-mobil-murah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Organda Pertanyakan Konsep Mobil Murah Ramah Lingkungan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Organda Pertanyakan Konsep Mobil Murah Ramah Lingkungan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger