KPU: 96 Kabupaten/Kota Belum Tetapkan DPT

Written By Unknown on Wednesday, September 18, 2013 | 5:59 PM






JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim sudah 401 KPU kabupaten/kota menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hanya tinggal 96 KPU kabupaten/kota lagi yang belum melakukan penetapan.

“Sebanyak 401 dari 497 kabupaten/kota sudah penetapan DPT. Ada 96 kabupaten/kota yang belum penetapan,” ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Rabu (18/9/2013) di Jakarta.

Diungkapkannya, 401 kabupaten/kota itu tersebar di 32 provinsi. Satu-satunya provinsi yang belum menetapkan DPT adalah Papua. Seluruh kabupaten/kota di Papua yang berjumlah 29 masih berupaya melengkapi DPT.

Ditambahkan, hanya ada 17 provinsi yang seluruh kabupaten/kotanya sudah sepenuhnya melaksanakan tahapan penetapan DPT.

Tetapi, Ferry mengaku belum mendapat laporan secara detail jumlah pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT di ratusan daerah tersebut. Dikatakannya, pihaknya baru menginventarisir jumlah dan nama daerah yang sudah melaksanakan penetapan DPT.

“Orangnya belum dirinci jumlahnya,” tuturnya.

Diungkapkan mantan Ketua KPU Jawa Barat itu pula, belum semua data pemilih yang telah ditetapkan tersebut dimasukkan secara online ke dalam Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih) KPU. Ferry mengatakan, jika KPU di 497 kabupaten/kota telah menetapkan DPT, maka pihaknya akan beranjak kepada tahapan penetapan DPT di tingkat provinsi. Dikatakannya, tahapan itu dilakukan paling lambat 18 Oktober 2013 mendatang.

“Penetapan (DPT) di provinsi memang ada sedikit perubahan. Tetapi di nasional tetap 23 (Oktober 2013),” katanya.

KPU memang diberi kelonggaran watu penetapan DPT di tingkat kabupaten/kota hingga 30 hari menjadi pada 13 Oktober 2013. Kelonggaran tersebut merupakan kesepakatan antara Komisi II DPR, KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.




Editor : Hindra Liauw


















Anda sedang membaca artikel tentang

KPU: 96 Kabupaten/Kota Belum Tetapkan DPT

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2013/09/kpu-96-kabupatenkota-belum-tetapkan-dpt.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPU: 96 Kabupaten/Kota Belum Tetapkan DPT

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPU: 96 Kabupaten/Kota Belum Tetapkan DPT

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger