Delapan BUMD Tidak Setor Keuntungan ke DKI

Written By Unknown on Thursday, August 15, 2013 | 5:16 PM





JAKARTA, KOMPAS.com – Dari 23 badan usaha milik daerah di DKI Jakarta, ada delapan BUMD yang tidak pernah menyetor keuntungannya ke kas daerah dalam dua tahun terakhir. Delapan  BUMD itu adalah PD Dharma Jaya, PT Cemani Toka, PT Ratax Armada, PT Pakuan, PT Grahasahari Suryajaya, PT JiExpo, PT Rumah Sakit Haji, dan PT MRT.


Kecuali PT Dharma Jaya, semua BUMD yang disebut di atas, sesuai data dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah DKI, tidak menyetor keuntungan ke pemerintah sejak tahun 2009. Penyebabnya bermacam-macam, sebagian besar dilanda krisis keuangan yang terjadi sejak tahun 1997.


Kini keberadaan mereka sedang dievaluasi, sebagian akan dibubarkan, dijual sahamnya, dan digabung dengan perusahaan daerah yang lebih baik. Sampai hari ini, Kamis (15/8/2013), tim khusus yang mengevaluasi seluruh BUMD di DKI Jakarta belum mengumumkan hasil kinerjanya.


"Saya belum terima hasil kajiannya. Yang jelas semua BUMD akan kami kerucutkan agar lebih efisien dan menguntungkan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kepada Kompas.


Delapan BUMD yang tidak menyetor keuntungan ke Pemprov DKI Jakarta itu kepemilikannya bermacam-macam. Ada yang seratus persen saham milik Pemprov DKI Jakarta, seperti PD Dharma Jaya, sebagian dimiliki dominan oleh Pemprov DKI Jakarta, seperti PT MRT dan PT Rumah Sakit Haji, serta sebagian yang lain patungan dengan perusahaan lain di mana saham Pemprov DKI minoritas. Untuk status kepemilikan saham minor ini, seperti PT Grahasahari Suryajaya dan PT JiExpo.


Riyadi, Kepala sub Bidang Perseroan Terbatas Badan Penanaman Modal Promosi (BPMP) Pemprov DKI Jakarta mengatakan, saat ini sedang dilakukan penelitian oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Apa pun keputusan Pemprov DKI Jakarta nanti, kata Riyadi, tergantung opini BPKP. "Penilaian sementara dilakukan untuk PD Dharma Jaya, penilaian serupa akan dilakukan untuk BUMD yang lain," kata Riyadi. PD Dharma Jaya bergerak dalam bidang perdagangan dan industri daging di Jakarta.





Editor : Laksono Hari Wiwoho


















Anda sedang membaca artikel tentang

Delapan BUMD Tidak Setor Keuntungan ke DKI

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2013/08/delapan-bumd-tidak-setor-keuntungan-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Delapan BUMD Tidak Setor Keuntungan ke DKI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Delapan BUMD Tidak Setor Keuntungan ke DKI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger