LSI: Demokrat Terpuruk, Golkar Makin Kokoh

Written By Unknown on Sunday, March 17, 2013 | 5:59 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Survei terakhir Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada Maret 2013 ini menunjukkan bahwa Partai Demokrat semakin terpuruk. Sementara di sisi lain, Partai Golkar kian kokoh mendulang suara hingga akhirnya mendapat tempat teratas dalam penelitian.


Berdasarkan penelitian LSI, Partai Golkar mendapatkan perolehan suara 22,2 persen. Selanjutnya yakni PDI-P (18,8 persen), Partai Demokrat (11,7 persen), Partai Gerindra (7,3 persen), Partai Nasdem (4,5 persen), dan Partai Kebangkitan Bangsa (4,5 persen). Selain itu, Partai Persatuan Pembangunan (4 persen), Partai Amanat Nasional (4 persen), Partai Keadilan Sejahtera (3,7 persen), dan Partai Hanura (2,6 persen).


Survei ini dilakukan pada tanggal 1-8 Maret 2013 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden yang digunakan yakni 1.200 orang yang tersebar di 33 provinsi.


Pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Survei juga dilengkapi dengan riset kualitatif seperti Focus Group Discussion, indepth interview, dan analisis media.


Sementara margin of error survei ini yakni +/- 2,9 persen. Peneliti LSI Adjie Alfaraby mengatakan perolehan suara Golkar itu mencapai "angka psikologis" pemenang pemilu. Pada Pemilu 2004 dan 2009, partai pemenang pemilu selalu mencapai persentase di atas 20 persen.


Pada Pemilu 2004 misalnya, Golkar sebagai pemenang pemilu mendapatkan suara 21,58 persen. Sedangkan pada Pemilu 2009, Demokrat sebagai pemenang pemilu mendapat 20,85 persen.


"Pencapaian suara Golkar ini menunjukkan bahwa terjadi kenaikan suara sebesar 8 persen jika dibandingkan dengan Pemilu 2009 lalu," kata Adjie.


Sementara di posisi kedua yakni PDI-P dengan perolehan suara 18,8 persen. Menurut Adjie, perolehan suara partai berlambang banteng itu tetap stabil posisinya sejak Februari 2012.


"Dibandingkan Pemilu 2009, PDI-P juga mengalami kenaikan 4 persen suara," ucapnya.


Sedangkan Partai Demokrat, lanjut Adjie, terus menunjukkan tren penurunan. Perolehan suara 11,7 persen ini turun sebesar 9 persen dibandingkan suara Partai Demokrat pada Pemilu 2009.












Anda sedang membaca artikel tentang

LSI: Demokrat Terpuruk, Golkar Makin Kokoh

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2013/03/lsi-demokrat-terpuruk-golkar-makin-kokoh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

LSI: Demokrat Terpuruk, Golkar Makin Kokoh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

LSI: Demokrat Terpuruk, Golkar Makin Kokoh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger