Strategi Keanekaragaman Hayati Direvisi

Written By Unknown on Wednesday, December 19, 2012 | 5:59 PM




Pengelolaan Lingkungan


Strategi Keanekaragaman Hayati Direvisi





Penulis : Ichwan Susanto | Rabu, 19 Desember 2012 | 17:51 WIB












JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional berencana merevisi Strategi dan Rencana Aksi Keanekaragaman Hayati 2003-2020. Oleh aktivis lingkungan, strategi ini dinilai sekadar dokumen yang tidak mampu mengerem laju kerusakan lingkungan yang merugikan kekayaan alam di Indonesia.


Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menunjukkan salah satu target dalam Strategi Keanekaragaman Hayati adalah menghentikan pembuangan limbah ke laut pada tahun 2004. Namun kenyataannya, pembuangan limbah ke laut masih terus dilakukan.


Walhi mencontohkan, keputusan Menteri Lingkungan Hidup pada tahun 2011 yang masih tetap memperpanjang pembuangan limbah tailing PT Newmont Nusa Tenggara Proyek Batu Hijau di Nusa Tenggara Barat. Batas jumlah tailing (limbah tambang emas) yang semula 160.000 metrik ton kering per hari, diubah menjadi 140.000 metrik ton kering per hari. Batas toksikologi tembaga (Cu) dari konsentrasi 2 ppm (part per million) menjadi 0,5 ppm.


Ditanya akan komitmen akan Strategi Keanekaragaman Hayati 2003-2020, Menteri PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) Amida S Alisjahbana, mengatakan, strategi ini akan direvisi. Diakuinya, strategi ini belum berjalan baik.


"Dokumen sudah baik, tapi belum mengatur pada tatanan implementasi," katanya kepada Kompas, usai peluncuran Rencana Aksi Daerah penurunan emisi Gas Rumah Kaca (RAD-GRK) di Jakarta, Rabu (19/12/2012).


Amida menjelaskan, saat ini Bappenas bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Riset dan Teknologi sedang membahas revisi itu. Ia memastikan strategi yang nantinya periodenya diubah menjadi 2013-2025, akan dituangkan model dan program-program implementatif.


"Ada periode lima tahunan dan jelas siapa bertanggungjawab apa," tutur Amida.


















Anda sedang membaca artikel tentang

Strategi Keanekaragaman Hayati Direvisi

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2012/12/strategi-keanekaragaman-hayati-direvisi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Strategi Keanekaragaman Hayati Direvisi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Strategi Keanekaragaman Hayati Direvisi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger