PDIP: Kepemimpinan Kapolri Lemah di 2012

Written By Unknown on Sunday, December 30, 2012 | 5:59 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepemimpinan Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo selama tahun 2012 dinilai lemah. Akibatnya, kasus kerusuhan hingga mengakibatkan korban tewas terjadi di berbagai daerah. Bahkan, sampai pengerusakan hingga pembakaran fasilitas milik Polri.


"Apa yang dialami Polri selama 2012 , itu karena lemahnya kepemimpin Kapolri," kata Ketua DPP PDIP Bidang Hukum, HAM, dan Perundang-Undangan Trimedya Panjaitan saat jumpa pers catatan akhir tahun PDIP di Jakarta, Minggu ( 30/12/2012 ).


Trimedya mengatakan, para pemimpin Kepolisian dari Kapolri hingga Kapolsek tidak belajar dari rentetan kerusuhan di daerah seperti di Lampung, Sampang, Bima, dan lainnya. Tidak ada sanksi yang keras buat para pemimpin wilayah ketika gagal menjaga daerahnya.


Trimedya memberi contoh sikap Kepala Polda di salah satu daerah yang mempertimbangkan untuk mencopot Kepala Polsek ketika kerusuhan terjadi. Kapolda seharusnya langsung mencopot Kapolsek ketika gagal mencegah kerusuhan.


Padahal, kata anggota Komisi III DPR itu, kinerja para pemimpin wilayah sangat mempengaruhi wibawa Polri. "Kalau model kepemimpinan seperti ini terjadi di 2013 , saya khawatir institusi Polri lebih terpuruk lagi," kata dia.


Untuk itu, Trimedya berharap Kepolisian lebih tegas lagi dalam menghadapi kerusuhan kedepannya. Kepolisian tak perlu takut lagi dikatakan melanggar HAM ketika bertindak tegas. "Asal SOP diikuti. Kalau SOP sudah diikuti tapi masih anarkis, harus ditindak tegas," pungkasnya.


Seperti diberitakan, fasilitas Polri yang dibakar dan dirusak warga meningkat. Sepanjang tahun 2012, sebanyak 85 fasilitas Polri dirusak dan dibakar yang terdiri dari 56 kantor polisi, 18 mobil polisi, 10 motor polisi, dan satu rumah dinas polisi.


Tahun 2011, hanya 65 fasilitas Polri yang dirusak dan dibakar rakyat. Adapun tahun 2010 hanya 20 kantor polisi yang dirusak dan dibakar.












Anda sedang membaca artikel tentang

PDIP: Kepemimpinan Kapolri Lemah di 2012

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2012/12/pdip-kepemimpinan-kapolri-lemah-di-2012.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PDIP: Kepemimpinan Kapolri Lemah di 2012

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PDIP: Kepemimpinan Kapolri Lemah di 2012

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger