LSI: Capres Tak Perlu Takut Angkat Isu Minoritas

Written By Unknown on Sunday, December 23, 2012 | 5:59 PM





LSI: Capres Tak Perlu Takut Angkat Isu Minoritas





Penulis : Sabrina Asril | Minggu, 23 Desember 2012 | 17:47 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Adjie Alfaraby menilai para kandidat calon presiden seharusnya tidak perlu takut untuk mengangkat isu minoritas. Selama ini, para kandidat capres tidak pernah menyinggung soal isu minoritas lantaran takut divonis publik. Padahal, masyarakat Indonesia sudah cukup toleran akan keberadaan kelompok-kelompok minoritas.


"Belum ada satu pun capres yang secara terbuka berani mengangkat isu soal minoritas. Mereka takut akan dihukum publik dengan anggapan publik akan lebih setuju pada capres yang punya tendensi mayoritas," ujar Adjie, Minggu (23/12/2012), dalam jumpa pers di kantor LSI Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta.


Adjie membandingkan dengan gaya kampanye Barrack Obama yang berani mengangkat isu pernikahan sesama jenis. Meski menuai kontroversi, ternyata kampanye Obama itu sesuai dengan anggapan publik yang menyetujui adanya pernikahan sesama jenis itu. "Isu pluralisme merupakan concern publik Indonesia. Walaupun capres-capres kita belum berani tampilkan wajah pluralis. Harusnya tidak perlu khawatir karena publik cukup toleran," kata Adjie lagi.


Hasil survei LSI menunjukkan, mayoritas publik tidak suka akan perilaku diskriminasi. Penganut agama mana pun juga mendukung adanya perlindungan keberagaman baik agama maupun suku di Indonesia. Survei yang dilakukan LSI ini dilakukan dengan menggunakan metode quick poll. Survei dilakukan pada 14-17 Desember 2012 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel multistage random sampling. Ada 440 responden di semua provinsi di Indonesia yang dilibatkan dalam ruvei ini dengan margin of error +- 4,8 persen.


Dari survei itu, setidaknya ada 88,84 persen responden yang menilai agama mana pun harus diperlakukan sama. Hanya 9,16 persen yang menilai penganut agama mayoritas harus diperlakukan istimewa. Sisanya, sebanyak 2,01 persen menjawab tidak tahu. Selain itu, sebanyak 93,04 persen responden juga menilai suku atau etnis mana pun harus diperlakukan sama. Hanya 5,22 persen yang menilai warga dari suku mayoritas harus diperlakukan lebih istimewa, dan sisanya 1,74 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.


"Publik ternyata mendukung semangat anti diskriminasi. Ini kabar baik yang ingin rawat kebhinekaan. Capres ke depan harus selevel Soekarno dan Gus Dur dalam komitmen merek mengukuhkan keberagaman Ideologi dan etnis. Kita tidak ingin capres yang meruntuhkan keberagaman," ucap Adjie.


















Anda sedang membaca artikel tentang

LSI: Capres Tak Perlu Takut Angkat Isu Minoritas

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2012/12/lsi-capres-tak-perlu-takut-angkat-isu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

LSI: Capres Tak Perlu Takut Angkat Isu Minoritas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

LSI: Capres Tak Perlu Takut Angkat Isu Minoritas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger