Intensitas Curah Hujan di Jakarta Sangat Tinggi

Written By Unknown on Sunday, December 23, 2012 | 5:16 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras pada Sabtu (22/12/2012) kemarin di Jakarta telah menyebabkan banjir di mana-mana dan kemacetan yang luar biasa. Ada 22 genangan banjir yang tersebar di Jakarta. Bahkan jalan protokol Jakarta, seperti Jalan Sudirman dan Thamrin juga tergenang banjir.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ery Basworo mengatakan penyebab banjir itu bukan karena kesalahan pada sistem drainase. Bahkan semua pompa yang telah dipasang berjalan dengan baik.


Ia mengatakan, penyebab utama banjir di hampir seluruh wilayah Ibu Kota, terutama jalan protokol karena intensitas curah hujan yang tinggi sampai tak tertangani.


"Karena curah hujan yang sangat tinggi. Kemarin curah hujan sudah masuk tahap sangat lebat," kata Ery, saat ditemui wartawan, di Taman Suropati 7, Jakarta, Minggu (23/12/2012).


Hujan yang melanda Jakarta kemarin, kata dia, memang di luar dugaan. Hujan rata-rata di Jakarta, katanya, sekitar 300 milimeter dalam setiap bulan. Sementara, hujan yang melanda Jakarta kemarin 150 mm/jam.


"Untuk di Waduk Melati saja, curah hujannya kemarin 141 mm/jam (sangat lebat). BMKG bilang satu bulan dinyatakan musim hujan kalau 300 mm/bulan. Ini saja sejam sudah 141 mm," kata Ery.


Ery mengaku sudah menerima laporan dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Jokowi mengatakan kepada Ery bahwa semalam, mantan Wali Kota Solo itu mendapat info pompa underpass Dukuh Atas mati. "Ya, saya jawab saja, yang namanya underpass itu bukan pompa banjir," katanya.


Sehingga, sore ini, ia bersama stafnya datang ke rumah dinas Jokowi untuk melaporkan peristiwa yang terjadi semalam. Ia mengatakan, seluruh pompa yang dimiliki oleh Dinas PU sudah bekerja secara baik. Saluran air, kata dia, tidak ada yang sumbatan berarti dari sampah-sampah yang ada.


"Sementara hujan sangat lebat dan kondisi Kali Cideng sedang penuh. Kali Cideng itu tempat pembuangan air dari kawasan Thamrin," ujar Ery.


Terdapat sebanyak 41 pompa banjir di DKI Jakarta, antara lain Pompa Cideng (8 unit), Pompa Melati (9 unit), Pompa Kodamar (2 unit), Pompa Ancol (2 unit), Pompa Tomang Barat (4 unit), Pompa Setia Budi Timur (4 unit), Pompa Pluit (4 unit), Pintu Air Manggarai (2 unit), Pintu Air Karet (2 unit), Pintu Air Pulogadung (2 unit), dan Pintu Air Marina (2 unit).


Menurut Ery, dengan merekayasa kejadian alam, pihak Dinas PU DKI berusaha membuat rekayasa teknis dan ada batasan nilai ekonomi.


"Alam itu hanya bisa diprediksi dengan teori kemungkinan. Potensi kejadian satu persen dalam satu tahun. Makanya kita ambil nilai ekonomi paling kecil, misalnya lima persen. Kalau kawasan besar, nilainya ekonominya besar," kata Ery.












Anda sedang membaca artikel tentang

Intensitas Curah Hujan di Jakarta Sangat Tinggi

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2012/12/intensitas-curah-hujan-di-jakarta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Intensitas Curah Hujan di Jakarta Sangat Tinggi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Intensitas Curah Hujan di Jakarta Sangat Tinggi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger