Indonesia Rebut Dua Emas Kejuaraan Dunia Karate

Written By Unknown on Monday, November 26, 2012 | 5:46 PM


SYDNEY, KOMPAS.com -- Tim karate Indonesia merebut dua medali emas, dua medali perak, dan tiga medali perunggu pada kejuaraan dunia Shotokan Karate-do International Federation (SKIF) yang berlangsung di Sydney, Australia, 22-24 November 2012. Dalam kejuaraan yang diikuti oleh 750 peserta dari 50 negara ini, tim Indonesia menurunkan 18 atlet.


Pertandingan dibagi dalam beberapa kategori, seperti kata dan kumite, dan berbagai kelompok umur.


Menurut pimpinan rombongan Indonesia Efdjuno Tando, dua medali emas direbut oleh Wahyu Widayat di nomor kata perorangan pria senior, dan Desy N Salim di kumite perorangan putri usia 18-19 tahun. Sementara medali perak direbut oleh Efjuno Tando di nomor kata perorangan pria umur 70 tahun ke atas, dan perak di nomor kumite perorangan putri 16-17 tahun direbut oleh Tri Wulandari Winda.


Sedangkan medali perunggu didapat oleh tim kata pria total umur 180 tahun ke atas atas nama E Tando, Trisetianto B, Julihartono, dan Jefta Mustafa. Perunggu lainnya didapat oleh Aldrin Tando, Wahyu Hidayat, dan Mohammad Gusti di nomor kata beregu pria 40 tahun ke atas, dan oleh Martinel Prihastuti di nomor kumite putri dewasa minimun (-) 60 kg.


Wahyu Widayat adalah salah satu karate andalan Indonesia, karena prestasinya di masa lalu. Wahyu pernah menjadi juara dunia kata beregu putra SKIF tahun 1994, 1997 dan 2000 serta juara beregu putra SEA Games di tahun 1997. Sementara itu Martinel Prihastuti adalah pemegang medali emas PON 2012 di Riau.


Kejuaraan dunia SKIF ini dilangsungkan tiga tahun sekali. Menurut Efjuno Tando, di kejuaraan ini dia juga berhasl lulus ujian Dan berpredikat internasional, sehingga dia bisa memegang Dan 8. Yang lainnya adalah Aldrin Tando Dan 6, dan tiga orang memegang Dan 1 yaitu Jevon Javiet, Mike M. Nieuwenhuyen, dan Martinel Prihastuti.


Menurut keterangan Efjunon Tando, di kejuaraan dunia SKIF ke-111 ini diikuti atlet dari dua perguruan yaitu Lemkari dan Inkado. "Ke depannya, diharapkan SKIF Indonesia mampu menjadi wadah pemersatu dan wadah untuk berprestasi bagi perguruan-perguruan shotokan yang ada di Indonesia." kata Tando.


Tando juga berharap di kejuaraan dunia berikutnya, perguruan-perguruan Shotokan lainnya juga dapat ikut bergabung. "Karena adalah harmoni dan damai. Contoh harmoni dan damai dipertandingan SKIF XI kali ini, ditunjukkan dengan adanya tim Budo For Peace, yang beranggotakan karateka dari Palestina dan Israel serta sumbangan dari anggota SKIF untuk korban tsunami di Iwate, Jepang," ungkap Tando.












Anda sedang membaca artikel tentang

Indonesia Rebut Dua Emas Kejuaraan Dunia Karate

Dengan url

http://blogerstour.blogspot.com/2012/11/indonesia-rebut-dua-emas-kejuaraan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indonesia Rebut Dua Emas Kejuaraan Dunia Karate

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indonesia Rebut Dua Emas Kejuaraan Dunia Karate

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger